komputasi Awan / Cloud Computing
cloud computing

Seiring dengan perkembangan teknologi yg semakin cepat, kualitas layanan internet juga ikut semakin baik dari hari ke hari dan mulai dapat diakses dengan biaya yang lebih terjangkau, termasuk layanan internet di Indonesia. Saat ini sudah menjadi hal yang biasa jika akses internet melalui perangkat telepon genggam atau tablet elektronik. Semakin banyak juga yang menempatkan file, baik file aktif maupun file backup, ke internet, sehingga file tersebut dapat diakses dari mana saja sepanjang tersedia layanan internet. Dan akhirnya istilah cloud computing menjadi semakin populer di semua kalangan, baik untuk penggunaan pribadi, usaha kecil dan menengah, hingga sampai perusahaan multi-nasional.

Selain memudahkan proses penyimpanan atau transfer data, cloud computing juga memperkecil biaya pembelian produk IT (perangkat lunak atau software dan perangkat keras atau hardware). Perusahan usaha kecil menengah sekalipun dapat memiliki server atau tempat penyimpanan data, bahkan sistem informasi manajemen, dengan biaya yang relatif kecil atau bisa disesuaikan kompleksitas proses bisnis pada perusahaan tersebut. Untuk perusahaan besar, jaminan ketersediaan server saat itu juga (seketika) menjadi memungkinkan, karena instalasi untuk penambahan server fisik di ruang server perusahaan memerlukan waktu minimal satu hari. Itu pun jika vendor atau supplier server dan semua perlengkapannya dapat menyediakan dan mengirimkan server baru saat itu juga. Untuk perusahaan yang kebutuhan server naik turun sepanjang tahun, seperti penjualan baju online yang biasanya mengalami kenaikan proses transaksi yang signifikan di bulan puasa atau menjelang akhir tahun, cloud computing dapat menjadi solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Karena dengan sistem tagihan yang berdasarkan total pemakaian kapasitas dan bandwith, sehingga jika di saat kebutuhan sedang tidak tinggi maka biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Dengan biaya investasi di awal yang tidak besar dan biaya pemakaian akan ditagih setelahnya sesuai dengan perkembangan atau dinamika bisnis yang terjadi, maka perhitungan Return of Investment atau ROI dan prediksi Break Even Point atau BEP menjadi lebih mudah.

Tentu saja selain kelebihan-kelebihan tersebut, cloud computing juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan. Karena data dan sistem yang berjalan dan digunakan sehari-hari untuk proses bisnis ditempatkan di pihak lain, maka keamanan data, baik pencurian atau kehilangan atau integritas data, dan kemungkinan sistem menjadi down atau tidak jalan dan layanan internet yang mungkin tidak stabil menjadi beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Konsultan kami akan membantu perusahaan anda dalam implementasi atau penerapan cloud computing untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas proses bisnis, memaksimalkan sisi positif cloud computing yang cocok dan meminimalkan sisi negatif cloud computing. Mulai dari pemilihan layanan internet, pemilihan vendor cloud computing, access policy atau user management, periode backup data, hingga pembuatan dan implementasi sistem informasi manajemen yang berbasiskan cloud computing.

Contact us : 021 - 50265628 | info@erudite-indonesia.com

Types of Cloud Computing

  • Data as a service (DaaS)

  • Software as a service (SaaS)

  • Platform as a service (PaaS)

  • Infrastructure as a service (IaaS)