Nama Domain
daftar nama domain

Ketika anda membeli nama domain kepada penyedia jasa nama domain, nama domain tersebut tidak menjadi milik anda selamanya. Anda hanya mempunyai hak untuk menggunakan nama domain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang sudah pasti. Sebaiknya mulai memperpanjang jangka waktu penggunaan nama domain paling lambat satu bulan sebelum tanggal jatuh tempo masa penggunaan nama domain berakhir. Jangan lupa untuk membaca surat penjanjian ketika membeli nama domain sebelum anda menyetujui untuk menggunakan suatu jasa penyedia nama domain.

Ketika anda lupa untuk memperpanjang jangka waktu penggunaan, maka semua service akan diberhentikan dan pengunjung tidak dapat mengunjungi website anda. Sebetulnya ini bukanlah akhir dari bencana, karena akan ada jangka waktu "grace period" dimana anda dapat memperpanjang masa penggunaan nama domain sesuai dengan harga normal. Jangka waktu "grace period" ini seharusnya sudah merupakan peringatan yang berharga bagi anda. Selain itu, setiap satu hari website anda tidak dapat diakses oleh penggunjung maka anda telah melewatkan potensi konversi anda.

Ada beberapa penyedia jasa nama domain mempunyai fasilitas untuk melakukan otomatis perpanjangan masa penggunaan nama domain dengan dana yang anda telah setor sebelumnya. Atau dengan kata lain, anda membayar di muka untuk jasa perpanjangan penggunaan nama domain selama beberapa periode sekaligus. Hal ini menjadi berguna jika anda bermaksud menggunakan jasa penyedia nama domain tersebut untuk jangka waktu yang lama. Tetapi akan menjadi hal yang merepotkan jika suatu saat anda ingin berganti penyedia jasa nama domain dan dana masih tersisa. Betul, anda bisa menganti penyedia jasa nama domain anda atau yang biasa disebut transfer nama domain.

Kami juga menyarankan anda untuk menyatukan penyedia jasa nama domain dengan hosting, karena bagaimana pun hal ini akan menjadikan manajemen website lebih mudah untuk diatur. Tetapi anda juga bisa memisahkan penyedia nama domain dan hosting jika memang anda mempunyai pertimbangan lain, seperti mencari penyedia hosting dengan biaya yang lebih kompetitif.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah ada beberapa penyedia nama domain yang mendaftarkan nama domain anda atas nama mereka atau perusahaannya, bukan atas nama anda atau perusahaan anda. Pastikan nama domain anda terdaftar atas nama anda atau perusahaan anda, sehingga anda tidak menemui masalah jika anda ingin berganti penyedia jasa nama domain. Anda bisa mengecek status nama domain anda melalui www.whois. net dimana anda dapat melihat detail status kepemilikan, alamat ip domain anda, tanggal pendaftaran dan tanggal jatuh tempo jangka waktu penggunaan nama domain, dan lain-lain.

Contact us : 021 - 50265628 | info@erudite-indonesia.com

Daftar Nama Domain

  • .co.id

  • .com

  • .net

  • .edu

  • .org

  • .gov

  • .biz