Digital Marketing Channel
digital marketing channel

Penetrasi internet di indonesia yang semakin baik dari hari ke hari memudahkan para pengguna untuk mengakses internet, termasuk melalui perangkat mobile (seperti: telepon genggam atau handphone, pc tablet, dan lain-lain). Hal ini juga turut berperan serta dalam memperluas saluran atau digital marketing channel, yang juga berdampak pada strategi digital marketing. Dengan segala kemudahan tersebut, teknik marketing word-of-mouth menjadi mudah dijalankan. Contohnya, viral marketing video saat ini bukan hanya berupa iklan yang tayang di televisi, tetapi bisa dalam bentuk yang sama sekali berbeda seperti ada video stand up comedy yang membahas tentang kegunaan suatu produk consumer goods yang disponsori oleh suatu merek atau brand. Contoh lain, kenikmatan dan keunikan makanan suatu cafe atau resto sudah menjadi sangat mudah untuk dibagikan atau dishare melalui social media, seperti facebook, instagram, path, dan lain-lain. Dan kedua contoh itu tidak hanya khusus untuk pengguna pc, tetapi juga bisa diakses oleh pengguna perangkat mobile.

Berikut ini adalah beberapa saluran atau digital marketing channel yang masih ada dan masih relevan untuk digunakan:
1. Website
Website masih menjadi digital marketing channel yang mendasar. Website bisa hanya berfungsi sebagai brosur atau company profile online, atau bahkan hingga sudah ada suatu sistem (seperti sistem jual-beli atau yang biasa disebut ecommerce website) di dalamnya. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan website, seperti pemilihan nama domain, server hosting, personalized atau cms, bahasa pemrograman yang digunakan, seo atau sem, dan lain-lain. Oleh karena itu, nanti akan ada artikel khusus tentang web development.
2. Social media
Tidak diragukan lagi bahwa social media menjadi sesuatu yang fenomenal akhir-akhir ini, banyak juga orang yang mengakses social media account mereka puluhan kali dalam sehari. Hal ini semakin mendorong pertumbuhan social media platform yang terkadang perbedaan fungsi antara satu dengan yang lain menjadi bias. Melihat fenomena ini, tidak sedikit pelaku bisnis menggunakan social media menjadi saluran digital marketing channel dan tidak sedikit juga yang menggunakannya dengan tidak bijaksana, yang akhirnya mematikan merk atau brand mereka sendiri.
3. Blog
Penulisan artikel sudah menjadi hal yang dipandang penting atau perlu oleh google, dengan diluncurkannya istilah "Google Authorship". Salah satu tempat yang ideal untuk menaruh artikel, selain di website, adalah blog. Blog lebih memudahkan pembaca untuk memberikan komentar untuk suatu artikel. Selain blog platform yang dikeluarkan oleh google yaitu blogspot, blog platform yang saat ini juga sedang terkenal adalah wordpress.
4. Email
Email atau surat elektronik masih menjadi saluran digital marketing yang belum ditinggalkan oleh pengguna dan untuk beberapa kasus tertentu email bisa menjadi digital marketing channel yang paling berdampak. Walaupun social media menjadi sesuatu yg fenomenal, penyedia social media platform masih menggunakan email sebagai salah satu saluran komunikasi mereka. Bahkan salah satu dari mereka sempat juga meluncurkan layanan email (namauser@namasocialmeda.com) yang walaupun pada akhirnya kurang diminati oleh sebagian besar pengguna.
5. Forum atau Komunitas Online
Untuk beberapa usaha kecil dan menengah (ukm), khususnya yang baru berjalan, menempatkan katalognya di forum online bisa menjadi digital marketing channel yang cukup bagus dan tidak sedikit juga ukm yang menyandarkan kelangsungan bisnis mereka sebagian besar di forum online. Memilih forum online yang paling tepat untuk pangsa pasar mereka dan mengikuti peraturan yang berlaku menjadi hal yang harus diperhatikan.
6. Messenger Group
Dahulu jenis messenger masih sedikit, tetapi saat ini jumlah messenger sudah sangat banyak. Sebut saja: yahoo messenger, whatsapp, line, kakaotalk, bbm, dan lain-lain. Mengikuti group yang ada yang sesuai dengan pangsa pasar dan turut berperan serta aktif dapat menjadi digital marketing channel yang baik.

Selain saluran digital marketing yang telah disebutkan di atas, sebetulnya masih ada banyak digital marketing channel yang lain, seperti games, ebook / emagz, cd company profile, video viral, dan lain-lain. Oleh karena itu, pemilihan saluran digital marketing untuk suatu bisnis menjadi hal yang benar-benar harus dipikirkan secara mendalam, karena tidak semua saluran digital marketing harus digunakan semua.

Konsultan kami akan membantu mulai dari identifikasi dan pengembangan aset digital yang berkualitas, menentukan digital marketing channel yang cocok dengan pangsa pasar yang ditentukan, pelatihan atau training staff digital marketing, hingga strategi cara merespons komentar negatif yang timbul menjadi branding.

Contact us : 021 - 50265628 | info@erudite-indonesia.com

Digital Marketing Channel

  • Google Adwords

  • Search Engine Optimization

  • Web Development

  • Online Forum

  • Blog / Content Manager