Digital Marketing
digital marketing indonesia

Sama seperti dunia teknologi informasi, digital marketing juga banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Channel marketing baru yg terbuka, strategi dan teknologi yang sudah sebaiknya ditinggalkan atau adaptasi untuk yang baru, dinamika perilaku dari dunia digital, pergerakan trafik pengunjung atau pengguna, dan lain-lain. Banyak orang menganggap digital marketing sama dengan internet marketing, pada kenyataannya kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda. Internet marketing merupakan bagian dari digital marketing. Singkatnya, internet marketing adalah proses marketing menggunakan media internet dan digital marketing adalah proses marketing menggunakan media digital. Atau dengan kata lain, ada digital marketing yang tidak menggunakan internet. Contoh digital marketing yang bukan merupakan internet marketing adalah iklan tv, iklan koran / majalah digital, eBook, company profile video dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang terus berkembang, digital marketing menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan di dalam proses marketing. Dari penggunaan televisi sebagai media iklan, hingga sekarang beriklan melalui media sosial menjadi sesuatu yang lumrah.

Dengan digital marketing, maka proses marketing akan menjadi lebih berdampak, baik cakupan geografi, rentang waktu, batas negara, memudahkan terjadinya word of mouth (pertukaran rekomendasi /testimonial), kemudahan dalam penyebaran informasi mengenai produk baru dan lain-lain. Selain itu, digital marketing memudahkan interaksi dan komunikasi dua arah yang efektif antara penjual dan pembeli, khususnya di bagian pelayanan pelanggan, seperti memberikan saran dan kritik, tanya jawab mengenai informasi perusahaan atau produk, membentuk komunitas atau forum online, mengetahui progress dari suatu order, tanya-jawab mengenai bantuan teknis dan lain-lain. Dan jika dilakukan dengan benar, maka biaya digital marketing yang telah dikeluarkan dapat diukur tingkat keberhasilannya (apakah hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan dan target yang telah ditentukan sebelumnya), termasuk dalam menentukan channel atau saluran digital marketing yang paling cocok untuk suatu bidang usaha dan pangsa pasar yang dituju.

Sebagai bagian dari proses marketing dan walaupun sebagian dari proses conventional marketing dapat digantikan oleh digital marketing, digital marketing tidak dapat dilepaskan secara utuh dari conventional marketing. Agar digital marketing mendapatkan hasil yang maksimal, maka digital marketing tidak bisa berjalan sendiri. Idealnya, antara digital marketing dan conventional marketing harus saling membantu satu sama lain, baik untuk tujuan branding atau pencitraan maupun tujuan penjualan. Dengan sinergi antara conventional marketing dengan digital marketing, maka akan tercipta hasil yang signifikan untuk kemajuan bisnis.

Konsultan kami akan membantu perusahaan anda untuk perumusan atau formulasi strategi marketing, baik digital marketing maupun conventional marketing, yang sesuai dengan visi dan misi dan target market yang telah ditentukan dan dengan proses dan hasil yang terukur tingkat keberhasilannya. Karena digital marketing tidak hanya soal mempunyai website atau social media account saja, maka konsultan kami juga akan membantu untuk menentukan channel marketing mana yang paling cocok, sehingga hasil yang didapat sesuai dengan target yang telah dilakukan.

Contact us : 021 - 50265628 | info@erudite-indonesia.com

Internet Advertising Channel

  • Google Adwords

  • Search Engine Optimization

  • Facebook Ads

  • Kaskus Ads

  • Detik Ads