Teknik SEO (Search Engine Optimization)
teknik seo

Setelah proses pengembangan yang cukup lama, akhirnya website impian anda jadi, semua kelihatan sempurna. Kini saatnya untuk membuat pengguna datang ke website anda dan melakukan sesuatu, baik itu memberikan komentar atas isi website anda atau menelpon / mengirim email kepada anda atau mengisi form pendaftaran member atau yang lain. Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengunjungi website anda: cara tradisional (seperti menaruh alamat website anda di kartu nama / kop surat anda) atau melalui digital marketing atau gabungan dari keduanya. Yang saya akan bahas di artikel ini adalah cara meningkatkan pengunjung website anda yang datang melalui hasil pencarian organik google atau yang biasa disebut Teknik Search Engine Optimization (SEO). Saat ini, google telah menjadi pilihan banyak pengguna untuk mencari sesuatu di internet, termasuk di Indonesia. Apalagi dengan semakin baiknya sambungan internet dan semakin besar pengguna internet di perangkat mobile(seperti telepon genggam atau handphone dan tablet). Pada saat mereka sedang mencari di google dan menemukan website anda di halaman pertama, maka peningkatan jumlah pengunjung yang besar bukan hal yang mustahil.


Secara garis besar, ada empat tahap dalam teknik seo yaitu:
1. Research / Penelitian.
Pada tahap ini kita mencoba untuk mencari tahu apa yang dicari pengguna internet, bagaimana cara mereka mengguna mesin pencari, bagaimana untuk menemukan pengguna internet yang cocok dengan anda. Ketika kita telah mengerti itu semua, maka kita lebih mudah untuk menentukan isi website yang ingin dibuat atau struktur website anda atau strategi marketing yang lebih baik. Penelitian kata kunci pencarian atau keyword research selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Banyak beredar alat-alat yang ditujukan untuk membantu anda melakukan penelitian kata kunci, ada yang berbayar tetapi ada juga yang gratis. Salah satu yang terkenal dan gratis adalah Google Keyword Planner, yang akan memberikan ide mengenai kata kunci pencarian yang dapat menjadi target anda dan seberapa besar jumlah pencarian untuk kata kunci pencarian tersebut. Sedangkan untuk yang berbayar, anda dapat menggunakan Moz Keyword Difficulty Tool.
Berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian tersebut, anda dapat melakukan analisa untuk memetakan website anda. Sebaiknya untuk meminimalkan mungkin jumlah klik dari halaman website awal anda sampai bagian paling terdalam website anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan strategi cross-linking, yaitu menghubungkan suatu halaman website dengan halaman lain yang masih berhubungan. Contoh: pembeli produk abc biasanya juga membeli produk xyz. Atau bisa juga berlaku pembaca artikel, download software, pencari kerja dan lain-lain.

2. Technical / Teknis.
Dalam proses pencarian di google saat ini, kinerja website (seperti waktu loading time / berapa lama yangdibutuhkan untuk membuka website anda, ukuran website, server yang bermasalah, broken link / link yang tidak terhubung) menjadi sesuatu yang penting dan membawa perbedaan yang berarti. Oleh karena itu, anda perlu memastikan website anda telah diindeks oleh google dengan bantuan Google Webmaster Tool. Google Webmaster Tool adalah alat bantu yang sangat berguna untuk SEO. Anda dapat memonitor proses indeks website, isi website yang bermasalah, link yang tidak terhubung, kemungkinan muncul peringatan "404 Page Not Found" dan lain-lain yang dapat menganggu proses SEO website anda. Disarankan untuk selalu aktif memperbaiki setiap peringatan kesalahan yang muncul, yang pada akhirnya akan berhubungan dengan peningkatan lalu lintas website anda. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan kata kunci pencarian (search query) yang biasa diakses oleh pengunjung website beserta dengan posisi rata2 kata kunci pencarian tersebut di halaman hasil pencarian google, halaman website yang paling sering dikunjungi, lokasi pengunjung website. Anda juga sebaiknya mencoba Bing Webmaster Tools.
Hal-hal teknis lain yang harus diperhatikan adalah judul website yang jelas dan sesuai dengan isi website, nama file halaman website atau URL (sebaiknya sesuai dengan judul website dan tidak mengandung karakter khusus, meta description yang lengkap, peta situs yang lengkap berisi semua URL yang ada dan dalam format XML. Anda dapat mengetahui URL apa saja yang telah diindeks oleh Google dengan cara ketik "site:namadomain.com" di kotak pencarian.

3. Creative / Kreatif
Saran yang paling sering diucapkan untuk teknik SEO adalah selalu membuat isi website atau content yang bagus. Usahakan website anda diisi dengan hal-hal yang kreatif yang menarik dan berguna atau membantu para pengunjung website dan memberikan nilai tambah. Cobalah untuk mencari hal-hal yang tidak biasa dilakukan industri / bisnis / saingan anda dan cobalah untuk menempatkan posisi sebagai pengunjung website untuk tahu apa sebetulnya kebutuhan mereka. Atau anda juga bisa melakukan survey atau percobaan untuk lebih mengerti pengunjung website. Dari data yang telah dikumpulkan tersebut, formulasikan strategi isi website anda dengan format yang menarik.
Ingat, pengunjung website yang puas atau merasa terbantu isi website anda akan tidak merasa keberatan untuk membagikan / share, menyukai / like atau bahkan melakukan transaksi. Selalu pantau isi website apa yang paling berhasil menarik minat pengunjung website dan tingkatkan terus kepuasan pengalaman pengguna atau user experience.


Kesimpulan:
Teknik SEO bukan hanya merupakan disiplin teknis standar, tetapi meliputi berbagai bidang: mulai dari survey minat pasar atau market research hingga proses kreatif dan public relation. Teknik SEO adalah hal yang dinamis, oleh karena itu jangan takut untuk mencoba hal baru, yang penting diperhatikan tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kepuasan pengalaman pengguna atau user experience.

Contact us : 021 - 50265628 | info@erudite-indonesia.com

Phases in Search Engine Optimization / SEO

  • Research / Penelitian

  • Technical / Teknis

  • Creative / Kreatif